Sunday, September 7, 2014

Perbedaan Arti Kata “Amin, Aamin, Amiin, Aamiin dan Amien”

| Sunday, September 7, 2014 | 5 comments
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Artikel ini mungkin telah banyak ditulis dan disebarkan oleh para sobat blogger, namun Ilmu itu harus diajarkan dalam artian di sini adalah membagikannya. Tak menutup kemungkinan banyak juga Umat Islam yang belum tahu akan masalah sepele namun jangan anggap remeh, apalagi masa bodoh.

Kali ini Diki akan mencoba membahas tentang perbedaan arti kata “Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin”. Di kehidupan sehari-hari, seperti contoh kecil di dalam pesan singkat (Short Message Service), kita seringkali menjumpai tulisan “Aamiin”. Kata Aamiin diucapkan ketika kita mendengarkan do’a orang lain. Dimana kata tersebut bermakna sebuah permintaan kepada Allah semoga do’a yang diucapkan tersebut diijabbah oleh Allah. Nah, sekarang apa jadinya kalau kata Aamiin yang kita ucapkan/tuliskan tersebut tidak sesuai dengan lafaznya? Tentu maknanya akan berbeda bukan?
 Perbedaan Arti Kata “Amin, Aamin, Amiin, Aamiin dan Amien”
Sekarang mari kita simak arti kata Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin. Dalam membaca Aamiin kita harus memanjangkan a (alif) dan memanjangkan min, apabila tidak demikian akan menimbulkan makna yang berbeda.
Dalam Bahasa Arab ada empat perbedaan kata “Aamiin” yaitu:
  1. Amin (alif dan mim sama-sama pendek), artinya Aman, Tentram
  2. Aamin (alif panjang & mim pendek), artinya Meminta Perlindungan Keamanan
  3. Amiin (alif pendek & mim panjang), artinya Jujur Terpercaya
  4. Aamiin (alif & mim sama-sama panjang), artinya Ya Allah, Kabulkanlah Do’a Kami
Nah, sekarang sudah tau kan apa perbedaannya? Keempat arti kata di atas semuanya bermakna baik, tapi tujuan kita mengucapkan kata tersebut untuk apa sudah benar atau belum? Jadi, tempatkanlah kata-kata tersebut sesuai dengan tujuannya, karena apabila tinggal satu huruf atau salah penulisan satu huruf saja akan mengandung arti yang berbeda.
Tidak jarang juga kita menjumpai penulisan kata Aamiin tersebut seperti “Amien”. Arti kata yang satu ini sebisa mungkin dihindari, karena kata “Amien” yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme). naudzubillah min dzalik...

Wassalamualaikum :D

5 comments

oh, baru tauuu .. . hahahaha . .bergunaa banget nihh info kayak ginii

Saya suka blog nya, kebanyakan blog tentang islam, tapi ada advertisement nya gambar yang aneh2.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi, dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
Terima kasih atas kunjungannya U(^_^) semoga artikel ini bermanfaat.


 

Motivasi

Info Agama Islam