Tuesday, August 14, 2012

Meriam Bumbung (Mainan khas Nusantara saat Ramadhan Tiba)

| Tuesday, August 14, 2012 | 0 comments
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

hmm .. .. .. kalau sedang puasa pasti paling nggak enak kalau nggak ngapa-ngapain, dan terasa begitu lama sekali .. Namun di bulan ramadhan khususnya di Indonesia punya 1 permainan khas yang masih dimainkan sampai sekarang!! apa itu hayo tebak .. yap jawabanya adalah meriam bumbung .. itu dalam bahasa indonesia menyebutnya kalau dalam bahasa desa saya / orang jawa menyebut meriam bumbung dengan long !! Meriam bumbung ini terbuat dari bambu .. sesuai namanya, memainkannya adalah dengan cara memasukkan karbit di dalamnya tepatnya dibawah atas, melubanginya bisa dengan tatah / gergaji !! dan tengah-tengah bambung / lubangnya di lubangi sampai bawah tapi yang bawah sendiri tidak ya, ntar nggak bisa bunyi deh, kalau gitu .. hahaha ... berikut inilah meriam bumbung itu :









Anda tertarik untuk mencobanya?? ingin buat ... gampang kok buatnya, gini Caranya :
  1. Cari Bambu yang bagus, contoh bambu ori ..
  2. Potong bambu panjangnya kira-kira 3-4 ros / ruas .. bisa di sesuaikan !!
  3. Kalau sudah lubangi bambu pada lubang tengahnya, pakai linggis / besi lainya!! tapi yang paling bawah tidak lho ya!!
  4. Lubangi lagi pada ruas pertama dari ruas bawah sendiri, liat gambar di samping!!
  5. kalau sudah, hmm .. tinggal isi dengan air pada lubangnya !! jangan banyak-banyak cukup 1 - 1/2 gelas / ngukurnya dengan isi air terus pada long / meriam bumbung yang sudah jadi dengan memdirikanya, jika air sudah tumpah dari lubang kecil itu berati sudah ..
  6. Ini dia yang menyebabkan meriam bumbung berbunyi "Karbit", kamu memasukkan karbitnya jangan banyak-banyak ya, ntar bisa-bisa bahaya karena meriam bumbung pecah!! mengisinya cukup kecil saja kira-kira sebesar kuku - lebih kecil ..
Gimana?? tertari mencoba dan membuatnya?? asyik lho ... aku saja suka dengan permainan itu!! namun sayang sekarang sudah mulai bosan memainkanya, tapi tak apalah!! sekian dulu ya Diki Share tentang permainan khas jawa yang unik ..

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi, dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
Terima kasih atas kunjungannya U(^_^) semoga artikel ini bermanfaat.


 

Motivasi

Info Agama Islam